Berita terbaru Podomoro City Deli Medan
 BACK TO NEWS & EVENTS

7 Perbedaan Office Space dan Virtual Office, Pelaku Usaha Wajib Tahu!

Sumber ilustrasi foto : Unsplash

Seiring dengan berkembangnya zaman, kantor ada macam-macam jenisnya, sebut saja virtual office, coworking space dan yang tidak dapat dipungkiri popularitasnya di masyarakat adalah office space.

Perbedaan yang cukup signifikan adalah keberadaan fisik kantor. Virtual office tidak memiliki kantor fisik yang menyediakan satu area khusus untuk karyawan bekerja, sehingga jika ada pengiriman surat resmi ke alamat dari virtual office, surat atau dokumen yang datang akan segera diteruskan ke Anda melalui lobi. 

Sementara, office space memiliki ruangan atau tempat kerja secara fisik. Terdapat pula ruang meeting, tidak jarang dilengkapi dengan bilik telepon, ruangan khusus untuk jajaran management, lengkap dengan berbagai fasilitas seperti lift cepat & canggih, kartu akses dan keunggulan lainnya tidak luput diminati para pelaku usaha.

Inilah perbedaan office space dan virtual office yang perlu Anda tahu untuk keperluan bisnis!

1. Kapasitas 

Kapasitas ruang kerja adalah pertimbangan penting saat Anda hendak memutuskan untuk memilih virtual office atau office space. Jika Anda bekerja bersama dengan tim dan berencana akan menambah anggota baru, office space dengan kapasitas yang cukup besar apabila dibandingkan virtual officeOffice space merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk investasi jangka panjang saat tim Anda sudah bertambah anggota. 

2. Lokasi 

Banyak office space selain memiliki bentuk kantor fisik, umumnya berada di kawasan bisnis sehingga tentunya memiliki nilai plus dan dapat meningkatkan nilai jual bisnis serta membangun brand yang baik untuk perusahaan yang Anda jalankan. Dengan lokasi office space yang strategis, maka para pelanggan dan calon investor akan teryakinkan pada saat menyebutkan lokasi perusahaan. 

3. Penggunaan Ruang 

Jika Anda hendak mengadakan rapat, ruangan di office space dapat digunakan untuk menjamu klien dan rekan kerja. Tentunya ini yang menjadi perbedaan antara virtual office dan office space dimana Anda dan karyawan-karyawan lain bekerja dan berkomunikasi secara langsung (tatap muka) di kantor. 

4. Fleksibilitas 

Berbeda dengan kantor konvensional, di office space Anda dapat bekerja dari tempat manapun yang membuat anda nyaman dan semakin berkembangnya ide-ide kreatif yang Anda dan tim miliki. Terlebih, zaman sekarang banyak office space yang didekorasi dengan nuansa nan nyaman, seperti nuansa industrial misalnya. Office space adalah solusi tepat untuk menjaga produktivitas para pekerja meski bekerja tidak dari kantor. 

5. Petugas Layanan 

Perihal fasilitas, baik private office dan virtual office dilengkapi dengan meja, kursi, listrik, air, telepon, internet dan anda akan mendapatkan fasilitas yang lengkap serta modern dimulai dari meeting room, telepon kantor, fax, hingga pesan voicemail. Namun, yang membedakan antara private office dan virtual office adalah di virtual office, Anda harus merekrut secara pribadi setidaknya satu orang petugas pribadi untuk mengurus keperluan sehari-hari aktivitas bisnis perusahaan. 

6. Batasan Bidang Usaha 

Berdasarkan beberapa persyaratan dan undang-undang yang terdapat di Republik Indonesia, ada bidang-bidang usaha yang harus memiliki kantor fisik. Dengan kata lain, tidak boleh menyewa virtual office. Badan usaha yang bergerak di jasa konstruksi, event organizer, pariwisata, e-commerce, properti dan transportasi diwajibkan memiliki office space atau kantor fisik.

7. Ruang Lingkup 

Para karyawan yang bekerja di office space bisa bekerja dimana saja, misalnya di area communal, ruang meeting, phone booth, lounge room, pantry, food court dan fasilitas lainnya yang lebih lengkap apabila dibandingkan dengan virtual office. Dengan bekerja di ruang lingkup luas, maka karyawan dapat saling mengenal dan mendorong sebuah kehidupan yang seimbang yang mana merupakan hal yang baik untuk menjaga suasana hati dalam bekerja. 

Seiring perkembangan zaman, kantor semakin beragam jenisnya seperti virtual office, coworking space, private office dan lain-lain. Kantor tidak selalu diasosiasikan dengan ruang kerja berisi kursi, meja dan komputer. 

Dibandingkan dengan virtual office, office space memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah tidak terbatas untuk badan usaha apapun. 

Saat ini, banyak pengembang properti yang mengembangkan bisnis perkantoran di kawasan superblok seperti di Podomoro City Deli Medan misalnya.

Inovasi office space bernama Premium Office Tower di Podomoro City Deli Medan yang terintegrasi dengan Delipark mall, outdoor area, apartemen dan condominium bahkan dilengkapi dengan teknologi terkini seperti integrated access technology mencakup mobile phone access, face recognition, integrated lift, serta sky garden yang merupakan ruang terbuka hijau nyaman yang tepat untuk bersantai sejenak selepas bekerja yang berada di lantai atas gedung, menjadi kelebihan yang ditawarkan Premium Office Tower dan sulit dijumpai pada jenis kantor lainnya.

Dengan membeli Premium Office Space di Podomoro City Deli Medan, maka Anda akan memperoleh Sertifikat Hak Milik Strata Title. Ini merupakan hak kepemilikan atas office space yang dapat diperjualbelikan sehingga dinilai lebih aman dari segi investasi. Selain itu Premium Office Space dilengkapi dengan Hak kepemilikan Strata Title ini memiliki tingkat pengembalian investasi yang tinggi.

Premium Office Space di Podomoro City Deli Medan terbagi menjadi 3 yaitu Banking Hall, Low zone dan High Zone. Untuk Banking Hall yang berlokasi di Ground Floor, saat ini telah ditempati oleh Bank Permata dan Manulife. Untuk Low Zone, melayani lantai 1 hingga lantai 18 dengan ukuran office space beragam mulai dari luas semi gross 85.08 m2 hingga 2045.03 m2.

Sementara, High Zone melayani lantai lantai 19 hingga 32. Luas office space di Podomoro City Deli yang menempati area tersebut memiliki luas semi gross 112.30 M2 hingga 2133.4 M2.

Saat ini telah banyak perusahaan yang bergabung di Premium Office Tower, Podomoro City Deli Medan. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak dalam aneka industri seperti perusahaan perbankan, pembiayaan, perdagangan, perkebunan, kesehatan, makanan dan minuman, klinik kecantikan, kantor advokat, teknologi informasi hingga rumah ibadah. Salah satu perusahaan yang baru saja beroperasi di Premium Office Tower Podomoro City Deli Medan adalah Manulife. 

Manulife telah melakukan peresmian relokasi Kantor Manulife Cabang Medan yang terletak di lantai dasar Premium Office Tower Podomoro City Deli Medan, pada Senin, 9 Januari 2023. 

Adapun bagi para pebisnis yang berminat memiliki office space di Premium Office Tower Podomoro City Deli Medan dapat memilikinya dengan cicilan 48 bulan, Tanpa Bunga melalui developer atau dapat memanfaatkan Kredit Pemilikan Office dari Bank Permata dengan jangka waktu yang lebih lama.