Berita terbaru Podomoro City Deli Medan
 BACK TO NEWS & EVENTS

Ini Perbedaan Apartemen dan Kondominium yang Perlu Anda Ketahui

Kondominium dan apartemen seringkali dianggap sebagai pilihan hunian yang serupa, namun sebenarnya ada perbedaan penting antara keduanya. Jika Anda sedang mencari tempat tinggal dan bingung memilih antara kondominium dan apartemen, berikut adalah empat perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Kondominium

Kondominium adalah salah satu jenis hunian vertikal yang banyak dibangun di Indonesia. Istilah kondominium berasal dari bahasa Inggris, yaitu kondominium. Kata tersebut merupakan gabungan dari kata Latin "con" dan "dominium" yang berarti kepemilikan bersama. Dalam konteks perumahan, kondominium mengacu pada kepemilikan unit properti dalam sebuah kompleks hunian vertikal. Para pemilik kondominium biasanya berbagi area komunal seperti kolam renang, pusat kebugaran dan tempat parkir.

Pengertian Apartemen

Kata "apartemen" berasal dari bahasa Inggris Amerika yang mengacu pada satu set kamar tidur yang terletak di satu lantai bangunan lengkap dengan dapur, kamar mandi dan toilet. Konsep apartemen muncul dari sejarahnya. Pada pertengahan abad ke-19, muncul pembangunan hunian bagi pekerja di kota-kota Eropa dan Amerika dalam bentuk bangunan vertikal dengan beberapa unit kamar. Pada saat itu, bangunan apartemen memiliki desain yang sederhana dan tidak terlalu luas. Namun seiring perkembangan jaman, pada awal abad ke-20, apartemen mengalami perubahan. Apartemen tidak hanya sekedar unit hunian, tetapi juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti rekreasi, laundry, tempat berkumpul, dan taman.

Setelah Perang Dunia II, permintaan akan apartemen meningkat pesat karena urbanisasi. Apartemen mulai berkembang dari kelas menengah hingga kelas atas. Selain sebagai tempat tinggal, apartemen juga banyak disewakan oleh pemiliknya, sehingga menjadi populer sejak abad ke-20.

Perbedaan Apartemen dan Kondominium

Perbedaan Istilah

Istilah "kondominium" dan "apartemen" mengacu pada jenis properti yang berbeda. Kondominium umumnya merujuk pada unit hunian individu yang dimiliki secara individual di dalam sebuah gedung atau kompleks. Setiap pemilik kondominium memiliki hak kepemilikan atas unit tersebut dan juga memiliki hak untuk menggunakan fasilitas bersama. Di sisi lain, secara istilahnya yang berasal dari Barat, apartemen merujuk pada unit hunian yang disewakan, namun kenyataannya, saat ini di negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia dan Indonesia, apartemen sudah dijual untuk dapat dimiliki langsung oleh masyarakat umum.

Perbedaan Ukuran dan Jumlah Unit dalam Satu Lantai

Berdasarkan historis tadi, maka pada umumnya ukuran unit hunian yang ditawarkan antara kondominium dan apartemen adalah berbeda. Ukuran unit hunian kondominium yang ditawarkan umumnya lebih luas dibandingkan unit apartemen. Selain itu, dalam satu lantai bangunan kondominium, jumlah unit hunian yang tersedia tidak sebanyak jumlah unit hunian yang tersedia dalam satu lantai bangunan apartemen.

Bentuk Bangunan

Secara umum, kondominium dan apartemen dapat memiliki desain dan bentuk bangunan yang serupa. Namun, ada kecenderungan bahwa kondominium seringkali memiliki desain dan fitur yang lebih eksklusif. Kondominium cenderung menawarkan fasilitas yang lebih lengkap, seperti kolam renang, pusat kebugaran, taman bermain, ruang pertemuan, atau area rekreasi yang ditujukan untuk kenyamanan pemilik kondominium. Sementara apartemen biasanya memiliki fasilitas yang tidak semewah Kondominium.

Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan kondominium dan apartemen bisa berbeda. Pemeliharaan kondominium dan apartemen biasanya menjadi tanggung jawab bersama para pemilik unit-unit kondominium, sama halnya dengan apartemen. Biaya perawatan dan pemeliharaan fasilitas bersama, seperti kebersihan, keamanan, taman, atau perawatan fasad bangunan, biasanya dibagi di antara para pemilik kondominium dan juga apartemen. Perbedaannya terdapat pada nominal biaya yang dikenakan kepada pemilik antara unit hunian kondominium dan apartemen. Biasanya biaya perawatan dan pemeliharaan unit kondominium lebih tinggi dibandingkan unit apartemen dikarenakan perbedaaan ukuran unit dan fasilitas yang tersemat.

Berbicara mengenai apartemen dan kondominium, jika Anda saat ini sedang mencari kedua hunian vertikal tersebut di pusat kota Medan, memilih premium apartemen Empire Tower dan kondominium di Podomoro City Deli Medan merupakan pilihan yang tepat.

Empire Tower merupakan salah satu premium apartemen yang dipasarkan di Podomoro City Deli Medan. Tower ini menyediakan berbagai tipe unit, mulai dari tipe 1+1 Bedroom (59,01 m2 & 62.74 m2) yang berisikan 1 + 1 kamar tidur dan satu kamar mandi serta ruang tamu/keluarga. Tipe 2+1 Bedroom (87 m2) dengan 2+1 kamar tidur, 3 kamar mandi. Kemudian terdapat pilihan 3+1 Bedroom dengan spesifikasi 3 kamar tidur, 1 kamar tidur pembantu dan 3 mandi.

Rekomendasi hunian vertikal selanjutnya di Podomoro City Deli Medan adalah Tower Tribeca Northern dan Tower Tribeca Southern, kondominium ini menawarkan fasilitas bintang 5 untuk menunjang kenyamanan penghuni.

Fasilitas yang dapat Anda jumpai di kondominium ini adalah smart home lighting di setiap unit, Kolam renang dewasa dan anak-anak, lapangan tenis, pusat kebugaran, biliard, tenis meja, taman bermain anak, barbecue pit, sauna, reflexology path dan jogging track yang keseluruhan fasilitasnya dikelilingi oleh taman dengan landscape yang menawan serta akses langsung ke mal terbesar dan termewah di kota Medan, yaitu mal DELIPARK.

Kondominium yang ditawarkan di Podomoro City Deli Medan cukup bervariatif, seperti tipe Luxurious Premier A (101,03 m2) dengan 2 + 1 kamar tidur serta 2 + 1 kamar mandi. Lalu ada juga Luxurious Premier B (101,57 m2) dengan spesifikasi jumlah ruang yang sama.

Kemudian, pilihan unit kondominium yang lebih luas dapat Anda temukan pada unit Luxurious Platinum A (145,56 m2 ) dengan 3 + 1 kamar tidur dan 2 + 1 kamar mandi. Kemudian ada juga Luxurious Platinum B (141,33 m2) dengan spesifikasi jumlah ruang yang sama.